Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Muda - Pembaca sekalian pasti sudah pernah merasakan kenikmatan dari air kelapa muda, apalagi pada saat terik matahari pada siang hari. Nah, selain sebagai pelega haus ternyata air dari buah kelapa yang masih muda memiliki manfaat lain seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini.


manfaat air kelapa muda

Air Kelapa Muda memiliki beberapa manfaat seperti berikut :

a. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.

b. Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.

c. Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Di antaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.

d. Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.

e. Campurlah air kelapa dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih.

f. Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.

g. Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.

h. Jika air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada telapak kaki dan tangan.

Nah selain beberapa manfaat diatas, ada pula beberapa manfaat lain dari air kelapa muda khusunya bagi ibu hamil, seperti berikut :

Meskipun sejauh ini belum ada penelitian ilmiah mengenai kebenaran anjuran tersebut, namun ternyata memang benar air kelapa muda mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi Ibu hamil. Berikut adalah beberapa fakta mengenai air kelapa dan manfaatnya bagi Ibu dan janin:

Elektrolit Alami
Ibu hamil membutuhkan banyak air agar terhindar dari dehidrasi. Air kelapa muda adalah minuman yang cocok untuk ini, karena kaya akan kandungan elektrolit, seperti klorida, magnesium, natrium, dan riboflavin. Selain itu, kalium berperan penting dalam menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Air kelapa muda juga mengandung protein, serat, mangan, dan vitamin C, yang semua itu sangat berperan untuk meningkatkan metabolisme Ibu selama hamil.

Diuretik Alami
Infeksi saluran kemih cukup umum terjadi pada Ibu yang sedang hamil. Untuk mengatasinya, mengonsumsi air kelapa muda berfungsi sebagai diuretik natural. Selain itu, air kelapa juga bermanfaat mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh melalui air kencing.

Anti Penyakit
Air kelapa muda bermanfaat untuk menjaga kesehatan Ibu dan bayi dari virus, bakteri dan jamur. Karena air kelapa muda mengandung asam lauric, yaitu asam yang membantu melawan penyakit. Kandungan asam lauric yang ada pada air kelapa sama dengan yang terdapat pada air susu Ibu.

Membantu Pencernaan
Air kelapa dipercaya dapat bermanfaat mengatasi masalah pencernaan. Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung yang membuat pencernaan menjadi lambat. Dengan Ibu minum air kelapa, ini bisa memperlancar pencernaan. Karena air kelapa mengandung nutrisi dan oksigen yang mudah diserap dalam sel tubuh. Selain itu, air kelapa juga dapat meningkatkan fungsi usus dan dapat membantu meringankan konstipasi, mulas, serta gangguan pencernaan lainnya yang sering dialami oleh Ibu yang sedang hamil.

Meningkatkan HDL
Menurut sebuah riset, penelitian air kelapa dapat meningkatkan kolestrol baik (HDL) di dalam tubuh dan tidak mengandung lemak dan kolesterol. Jadi, Ibu tidak perlu takut untuk meminum air kelapa karena air kelapa tidak membuat badan Ibu menjadi lebih gemuk selama kehamilan.

Mencegah Kaki Kram
Seiring usia kehamilan yang bertambah, sebagian Ibu akan merasakan gejala kram pada kaki. Air kelapa bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Karena air kelapa mengandung pasokan kalium dimana selama kehamilan ibu dianjurkan untuk mengonsumsi sekira 4.700 mg kalium. Sedangkan dalam segelas besar (330 ml) air kelapa, terkandung 670 mg.

Demikianlah, Manfaat Air Kelapa Muda semoga bermanfaat.
Facebook Comments